logo_kurkom

Menu adalah kumpulan item navigasi dalam suatu situsweb, sedangkan submenu adalah kumpulan item navigasi yang berada di bawah menu. Pada tahap awal, menu utama situsweb akan terdiri dari  2 item menu, yaitu item HOME dan MATKUL. Item HOME telah terpasang sejak awal instalasi, sedangkan item MATKUL akan dibuat dan ditambahkan ke dalam situsweb. 

  1. Pastikan bahwa Saudara telah login ke dalam sistem dan berada dalam halaman Home Dashboard, kemudian klik Menus, klik Main Menu, sehingga muncul halaman Items (Main Menu) seperti di bawah ini.
  2. Pada halaman Items (Main Menu) di atas, klik item menu Home sehingga muncul halaman Edit Item, kemudian lakukan perubahan sebagai berikut:
    1. Pada tab Details, ubah teks Home menjadi HOME seperti di bawah ini.
    2. Klik tab Blog Layout, kemudian pilih kategori Home pada baris Select Categories, ketik 0 pada baris Leading Articles, ketik 4 pada baris Intro Articles, ketik 2 pada baris Columns, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    3. Pada halaman Edit Item di atas, klik Save & Close sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
  3. Buat item menu MATKUL, klik New pada halaman Items (Main Menu) sehingga muncul halaman New Item, kemudian lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Pada tab Details, ketik MATKUL pada baris Title * seperti terlihat di bawah ini, kemudian klik Select pada baris Menu Item Type *.
    2. Pada jendela Menu Item Type di bawah ini, klik System Links, kemudian klik URL untuk kembali ke halaman New Item.
    3. Pada halaman New Item di bawah ini, ketik # pada baris Link * seperti terlihat di bawah ini.
    4. Pada halaman New Item di atas, klik Save & Close sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
  4. Buat item submenu Semester 1 dengan cara klik New pada halaman Items (Main Menu) sehingga muncul halaman New Item, kemudian lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Pada tab Details, ketik Semester 1 pada baris Title *, pilih MATKUL pada kolom Parent Item seperti terlihat pada gambar di bawah ini, kemudian klik Select pada baris Menu Item Type *.
    2. Pada jendela Menu Item Type di bawah ini, klik Articles, kemudian klik Featured Articles untuk kembali ke halaman New Item.
    3. Pada halaman New Item di bawah ini, klik tab Blog Layout, kemudian pilih kategori Semester 1 pada baris Select Categories, ketik 0 pada baris Leading Articles, ketik 8 pada baris Intro Articles, ketik 2 pada baris Columns, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    4. Pada halaman New Item di atas, klik Save & Close sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
  5. Buat item submenu Semester 2 dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Buka atau klik item submenu Semester 1 pada halaman Items (Main Menu), kemudian buat salinan item submenu ini dengan cara klik Save as Copy seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

      Dari langkah tersebut diperoleh salinan item menu Semester 1 seperti di bawah ini.
    2. Edit teks Semester 1 (2) pada baris Title * menjadi Semester 2, pilih Published pada kolom Status seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    3. Klik tab Blog Layout, kemudian pilih Semester 2 pada baris Select Categories seperti di bawah ini.
    4. Pada halaman Edit Item di atas, klik Save & Close sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
  6. Buat item submenu Semester 3-8 dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    1. Buat salinan item submenu Semester 2, kemudian lakukan pengeditan serupa langkah 5a-5d, sehingga diperoleh item submenu Semester 3.
    2. Buat salinan item submenu Semester 3, kemudian lakukan pengeditan serupa langkah 5a-5d, sehingga diperoleh item submenu Semester 4.
    3. Buat salinan item submenu Semester 4, kemudian lakukan pengeditan serupa langkah 5a-5d, sehingga diperoleh item submenu Semester 5.
    4. Buat salinan item submenu Semester 5, kemudian lakukan pengeditan serupa langkah 5a-5d, sehingga diperoleh item submenu Semester 6.
    5. Buat salinan item submenu Semester 6, kemudian lakukan pengeditan serupa langkah 5a-5d, sehingga diperoleh item submenu Semester 7.
    6. Buat salinan item submenu Semester 7, kemudian lakukan pengeditan serupa langkah 5a-5d, sehingga diperoleh item submenu Semester 8.
  7. Apabila langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, halaman Items (Main Menu) akan berisi item-item seperti di bawah ini.
  8. Klik ikon yang terdapat di baris atas bagian kanan, sehingga muncul tampilan situsweb seperti di bawah ini.