logo_kurkom

Kategori adalah bagian dari sistem klasifikasi artikel yang memungkinkan artikel-artikel dalam kelompok yang sama, tampil dalam halaman yang sama. Artikel-artikel yang memiliki kategori yang sama akan berkumpul dalam satu halaman tertentu.

Untuk membuat kategori, lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Aktifkan browser (Mozilla, Chrome, atau sejenisnya), ketik alamat situsweb fulan.unwir.xyz (ganti alamat ini sesuai dengan alamat situs Saudara), sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
  2. Pada browser, ketik alamat situs fulan.unwir.xyz/administrator hingga muncul halaman login seperti di bawah ini.
  3. Login ke dalam sistem dengan menggunakan akun username dan password yang ditetapkan pada saat instalasi. Apabila login diterima akan muncul halaman Home Dashboard seperti di bawah ini.
  4. Pada halaman Home Dashboard, klik Content, klik Categories, sehingga muncul halaman Categories yang telah berisi Uncategorised seperti terlihat pada gambar di bawah ini. 
    Uncategorised ini tidak diperlukan dalam  situsweb yang mau dibuat sehingga perlu dihapus. Untuk itu contreng Uncategorised, klik Actions, klik Trash, sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
  5. Selanjutnya buat 9 kategori baru, yaitu: Home, Semester 1, Semester 2, Semester 3, Semester 4, Semester 5, Semester 6, Semester 7, Semester 8, dengan cara klik New pada halaman Categories, sehingga muncul halaman New Category untuk membuat kategori pertama seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Home, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori kedua seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Semester 1, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori ketiga seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Semester 2, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori keempat seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Semester 3, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori kelima seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Semester 4, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori keenam seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Semester 5, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori ketujuh seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Semester 6, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori kedelapan seperti di bawah ini.
    kotak Title, ketik Semester 7, kemudian klik Save & New sehingga muncul halaman untuk membuat kategori kesembilan seperti di bawah ini.
    Pada kotak Title, ketik Semester 8, kemudian klik Save & Close sehingga muncul halaman seperti di bawah ini

Pastikan bahwa halaman Categories telah berisi 9 kategori dengan rincian nama kategori dan nama alias seperti terlihat pada gambar di atas. Apabila telah sesuai, Saudara bisa melanjutkan ke submateri berikutnya, yaitu Membuat Menu dan Submenu